Jazz my music

Jazz my music

Senin, 03 Oktober 2011

PERKEMBANGAN MUSIK JAZZ DI INDONESIA

Mengamati perkembangan musik Jazz kini sangat menarik, terutama di Indonesia. Jazz yang berakar dari musik Blues adalah musik universal dengan akar-akar tradisional dari musik Afrika. Jazz selalu mengutamakan kebebasan, baik penampilan maupun komposisi musik yang diciptakan sehingga musisi selalu menemukan sesuatu yang baru pada musik tersebut dan membuat jazz terus berkembang melahirkan macam-macam jenis jazz baru.

Untuk mendukung perkembangan musik Jazz dibutuhkan suatu event tahunan yang dapat dijadikan tolok ukur perkembangan musik jazz di Indonesia. Semisal, jika dicermati beberapa tahun terakhir ini musik Jazz di Indonesia menunjukkan adanya perkembangan, hal ini dilihat dari beberapa indikator pertunjukan berskala festival yang antara lain jumlah pertunjukan yang tidak hanya berfokus pada beberapa kota besar di pulau Jawa saja namun sudah menyeberang ke Sumatra, Sulawesi, dan Kalimantan.

Bukan hanya itu, rupanya Jazz telah menjadi format dalam tiap acara, media cetak juga tak ketinggalan menyajikan informasi tentang Jazz, bahkan Jazz telah masuk dalam lingkungan akademik. Jazz menjadi acara menarik dan selalu di tampilkan dalam tiap acara kampus.

Kini, Jazz telah memiliki komunitas sendiri yang bisa menjadi genre baru dalam permusikan di Indonesia. Komunitas Jazz tersebar tidak sedikit khususnya di kota-kota besar Indonesia semisal Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bali. Para musisinya pun biasanya banyak bermunculan dari daerah tersebut. Hal ini disebabkan arus musik jazz lebih banyak mengalir di sana lewat pertunjukan jazz (JakJazz, Java Jazz Festival, Bali Jazz Festival), sekolah musik jazz, studio rekaman dan kafe yang menampilkan jazz. /Zulham/foto:Muni MooN  

Sumber : http://delapanpenjuru.multiply.com/journal/item/104/PERKEMBANGAN_MUSIK_JAZZ_DI_INDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar