Jazz my music

Jazz my music

Senin, 26 September 2011

Wynton Marsalis & Eric Clapton – Wynton Marsalis & Eric Clapton Play the Blues

Setelah beraksi duet bersama ikon musik Amerika Willie Nelson dalam Two Men with the Blues (Blue Note Records, 2008) beberapa tahun silam, kini pendekar trumpet Wynton Marsalis kembali hadir lewat hembusan blues memikat. Rekan duetnya kali ini adalah gitaris-pelagu Eric Clapton yang namanya telah melegenda. Album ini adalah rekaman live mereka di Jazz at Lincoln Center, New York, April lalu.
Wynton Marsalis & Eric Clapton Play the Blues mencantum sepuluh nomor blues kenamaan, mulai dari blues tradisional, New Orleans, boogie-woogie, hingga gubahan Eric yang mendunia, “Layla.” Tambah seru dengan sajian apik personil Jazz at Lincoln Center Orchestra pada rhythm section. Pembuka konser adalah “Ice Cream” yang jenaka, goyangan iramanya tak tertahankan. Eric sebagai pemandu lagu, sedangkan Wynton tampil memukau seperti biasanya. Anggota band lain turut pula berkontribusi signifikan lewat lincahnya semburan klarinet Victor Goines maupun petikan banjo Don Vappie.
Erangan khas Howlin’ Wolf ikut disuarakan Eric atas nomor “Forty-Four,” kalau mau bergabung dalam ritual blues khas Dixieland, simaklah “Joe Turner’s Blues” yang menampilkan sensitifitas jentikan gitar Eric bersambung lenguhan klarinet. Alunan swing menghiasi nomor “The Last Time” serta kental geliat boogie-woogie dalam “Kidman Blues.”
Aksi cabikan gitar Eric berpadu liarnya repetan trumpet Wynton memandu trek “Careless Love,” pula tembang “Layla” yang teraransir blues tradisional oleh sang trumpeter. Ternyata lagu itu bukanlah permintaan Eric, melainkan si pembetot kontrabas Carlos Henriquez. Selepas itu, penggitar yang dahulu tenar lewat band Cream dan The Yardbirds tersebut berujar, “saya agak terintimidasi berada di tengah-tengah musisi jazz akademik,” candanya.
Sebagai kejutan adalah bintang tamu legenda blues Taj Mahal, ia menyanyi di lagu “Joliet Bound” yang bergaya delta blues, juga sentuhan gospel pada “Just a Closer Walk With Thee.” Wynton, Eric, dan Taj Mahal menuntaskan konser dengan tembang “Corrine, Corrina” lengkap dengan tukar-menukar improvisasi atraktif. Seperti diungkapkan Wynton, “kami ingin pertunjukan ini terdengar seperti orang yang memainkan musik yang mereka kenal dan sukai, alih-alih sebuah proyek,” tandasnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar